Bercerai bukan perkara simple. Ada hak-hak yang harus diperjuangkan. Baik penggugat maupun tergugat. Nah, hak-hak itu melekat pada syarat formil yang tidak dipahami oleh orang awam. Jika syarat formil ini tidak dipenuhi, maka berpotensi kehilangan hak-haknya.

Misalnya, jika ada suami/istri tiba-tiba mendapat pemberitahuan putusan cerai. Sementara dia tidak pernah mendapat panggilan sidang. Apa yang harus dilakukan?

Atau bisa juga suami/istri yang mengajukan gugatan perceraian, tapi gugatannya tidak dapat diterima oleh hakim hanya karena tidak cermat dan detail dalam menyusun gugatan. Bisa juga gugatan ditolak karena tidak punya kemampuan menyusun dan mempresentasikan alat-alat bukti yang sah dan cukup di depan persidangan.

Ini peran pengacara dalam membantu perkara perceraian baik di dalam maupun di luar persidangan adalah :

  • Memastikan bahwa anda mendapatkan panggilan sidang untuk menghadiri persidangan sehingga anda dapat hadir untuk membela serta memperjuangkan hak-hak anda. Hal itu untuk mencegah agar tidak dijatuhkannya putusan cerai tanpa kehadiran anda atau tanpa anda ketahui.
  • Membuatkan gugatan, serta menyusun dokumen-dokumen hukum lainnya secara detail, cermat, baik dan benar sebagaimana hukum yang berlaku agar gugatan dapat diterima oleh hakim;
  • Menyusun, menyediakan dan menjelaskan bukti-bukti yang sah dan cukup menurut hukum di depan persidangan guna mendukung dalil-dalil gugatan agar gugatan diterima hakim;
  • Melakukan segala hal yang baik dan perlu guna membela dan mempertahankan hak-hak Anda, demi kepentingan terbaik Anda.

Ini masalah teknis formil persidangan tapi sangat berdampak pada putusan hakim

  • Bila tidak teliti dan cermat menyusun gugatan, maka gugatan dinyatakan tidak dapat diterima (kalah).
  • Bila tidak mampu menyediakan, menyusun, dan menjelaskan bukti-bukti yang sah dan cukup di persidangan, maka gugatan bisa ditolak (kalah).
  • Bila tidak cermat mengecek perkara di pengadilan, maka bisa saja gugatan diperiksa tanpa kehadiran salah satu pihak. Tahu-tahu perkara sudah diputus oleh hakim. Apabila hal-hal itu terjadi, maka ada yang dirugikan.

(Jika ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan lain, silakan kirim WhatsApp keĀ  0812116460930. Jawaban akan dikirim melalui WhatsApp. Gratis..)

× Klik untuk konsultasi